Wednesday, September 9, 2015

7 Tips Cantik

7 Tips Cantik Merawat Muka


Semua foto pada artikel ini dari: www.cerita-kita.co.id


7 tips cantik merawat muka di malam hari. Banyak dari kita yang belum tau kalau perawatan wajah di malam itu sangat penting. Saya juga belum lama mengetahui hal ini. Saya pikir, karena malam hari kita sudah tidak keluar rumah dan tinggal tidur, jadi tidak penting untuk merawat wajah. Cukup mencuci muka dengan sabun dan semua sudah beres. Tetapi, ternyata pemikiran saya ini salah. Saya baru tau kalau perawatan wajah di malam hari itu sangat penting, bahkan lebih penting dari pagi dan siang hari.

Hal ini berawal dari adik saya yang mempunyai msalah dengan jerawat. Wajah adik saya penuh dengan jerawat dan sudah diobati belum juga sembuh, akhirnya saya menemaninya berobat dan berkonsultasi dengan dokter kecantikan. Di sanalah saya baru mengetahui jika perawatan wajah di malam hari sangat penting.

Perawatan wajah di malam hari sangat penting walaupun kulit kita sudah tidak terkena ancaman efek merusak dari sinar ultraviolet, tetapi saat kita tidur, kulit kit akan beregenerasi. Sel-sel kulit yang mati atau rusak akan digantikan dengan kulit yang baru. Agar proses regenerasi kulit ini berjalan dengan sempurna, paling tidak ada 6 tips cantik merawat muka di malam hari yang haru kita lakukan. Tips cantik merawat muka tersebut adalah sebagai berikut:


1. Kenali Jenis Kulit Kita

Mengenali jenis kulit kita adalah sudatu hal yang mutlak. Jika kita tidak taujenis kulit kita, kita bisa saja saja memilih pembersih wajah dan make up yang salah atau tidak sesuai dengan jenis kulit kita. Hal ini bisa membuat wajah kita menjadi bermasalah. Jadi kenal jenis wajah kita sendiri adalah hal yang mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. 


   


2. Membersihkan muka dengan sempurna

Pada malam hari setelah kita beraktivitas, rutinitas membersihkan muka menjadi sangat penting, apalagi untuk kita yang menggunakan make up saat beraktivitas dari pagi hingga malam hari. 

Membersihkan wajah pada malam hari ini bertujuan agar kulit wajah kita bisa beristirahat dari bahan-bahan kimia yang berasal dari polusi udara dan juga kosmetik yang kita gunakan. 

Jadi sebelum tidur kita wajib membersihkan wajah dengan sempurna dari make up atau bedak yang kita gunakan. Jangan hanya menggunakan sabun untuk teman-teman yang menggunakan make up atau yang sering bertugas di lapangan. Gunakan kapas dan cleanser yang sesuai jenis kulit wajah teman-teman, agar semua sisa make up dan debu yang menempel di wajah kita bisa terangkat dengan sempurna. Setalh itu bilas wajah dengan bersih dan gunakan toner. Sekalipun teman-teman tidak menggunakan make up, teman-teman tetap harus membersihkan wajah di malam hari karena aktivitas seharian yang teman-teman lakukan membaut debu, kotoran dan kuman menempel di permukaan kulit teman-teman. Jika tidak dibersihkanm hal ini merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. 

          

3. Pakai Pelembab

Setelah wajah kita bersh, jangan lupa untuk menggunakan pelembab khusus malam hari. Pada saat kita tidur, pori-pori kulit kita terbuka, jadi kulit kita lebih mudah menyerap nutrisi pada malam hari daripada saat pagi dan siang hari. Untuk inilah sebelum tidur kita butuh untuk menggunakan pelembab khusus malam hari yang sesuai dengan jenis kulit kita. Pilih pelembab yang formulanya ringan dan tidak menyebabkan timbulnya komedo. Lakukan pemijatan dari bawah ke atas pada saat menggunakan pelembab agar sirkulasi darah menjadi lancar.



4. Berikan waktu untuk peresapan

Jangan langsung tidur setelah menggunakan krrim pada malam hari. Salah besar jika kita langsung tidur karena saat kita merebahkan diri di tempat tidur, krim bisa menempel pada bantal kita dan akan terbuang percuma. Paling tidak kita harus berikan waktu agar krim malam yang kita gunakan meresap dahulu ke dalam kulit wajah kita sebelum kita tidur. Minimal kita sebaikanya memberikan jedah waktu sekitar 20 menit sebelum kita pergi tidur.



5. Minum Air Putih

Jangan lupa minum air putih sebelum tidur. Hal ini penting karena kelembaban kulit harus di jaga bukan saja dari luar, tetapi juga dari dalam. Jadi sangat baik jika kita paling sedikit minum segelas air putih dahulu sebelum tidur. Air putih daapt membantu menetralkan garam dan bahan-bahan tak sehat dalam makanan yang kita konsumsi sepanjang hari, sehingga kulit dapat terhindar dari kekusaman. Dan ada baiknya jika kita juga menambah konsumsi vitamin E untuk mejaga kesehatan kulit kita. 



6. Jangan Lupa Ganti Sarung Bantal

Jangan lupa untuk mengganti sarung bantal secara berkala. paling tidak kita harus mengganti sarung bantal seminggu sekali. Tanpa kita sadari, sarung bantal yang kita tiduri setiap hari merupakan tempat ideal untuk berkembangnya kuman. Sisa minyak di wajah, minyak dan kotoran dari rambut kita selama berhari-hari berkumpul di sarung abntal kita. Jika wajah kita yang telah kita bersihkan menempel di sana, maka kuman dan kotoran dari sarung bantal kita akan berpidah ke wajah kita. 



7. Miliki waktu tidur berkualitas

Rahasia utama dari kulit dalam kondisi prima adalah waktu tidur yang berkualitas, Jadi bukan hanya sekedar tidur, tetapi kita harus tidur dalam waktu yang cukup dan nyenyak. Ada baiknya membiasakan tidur dalam keadaan gelap, jangan dengan lampu yang menyala terang. Hal ini penting untuk merangsang kerja hormon yang meregenerasi sel kulit kita. 



Nah...saya sudah bagi rahasia untuk menjaga kecantikan wajah kita pada malam hari agar besok saat kita beraktivitas kulit kita bisa tampil dalam keadaan segar dan menawan.  


No comments:

Post a Comment